Minum Kopi Setiap Hari, Apa Efeknya bagi Tubuh? Ini Penjelasan Ahli

Kesehatan

Avatar photo

- Jurnalis

Rabu, 11 Maret 2026 - 14:28 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Okepost.id – Minum kopi sudah menjadi rutinitas bagi banyak orang untuk memulai hari. Aroma khas dan rasa pahitnya dianggap mampu meningkatkan semangat serta fokus saat beraktivitas.

Namun, muncul pertanyaan yang sering dibahas: apa yang terjadi pada tubuh jika seseorang minum kopi setiap hari?

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah wajar justru dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Membantu Meningkatkan Energi dan Konsentrasi

Kopi mengandung kafein, zat stimulan yang dapat meningkatkan kewaspadaan. Ketika seseorang meminum kopi, kafein akan merangsang sistem saraf pusat sehingga tubuh terasa lebih segar.

Efek ini membuat banyak orang mengandalkan kopi untuk meningkatkan konsentrasi saat bekerja atau belajar.

Baca Juga :  Menkes Tegaskan Belum Ada Rencana Kenaikan Tarif BPJS Kesehatan Tahun Ini

Selain itu, beberapa studi menyebutkan bahwa kafein juga dapat membantu memperbaiki suasana hati dan mengurangi rasa lelah.

Berpotensi Menurunkan Risiko Penyakit

Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara moderat dapat berkaitan dengan penurunan risiko beberapa penyakit kronis.

Beberapa di antaranya seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, hingga gangguan pada hati. Kandungan antioksidan dalam kopi diduga berperan dalam memberikan efek perlindungan bagi tubuh.

Namun manfaat tersebut biasanya muncul jika seseorang mengonsumsi kopi dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Terlalu Banyak Kopi Bisa Menimbulkan Efek Samping

Meski memiliki manfaat, minum kopi setiap hari tetap perlu dibatasi. Konsumsi kafein berlebihan dapat memicu berbagai efek samping.

Baca Juga :  Makanan Wajib Dikonsumsi saat Puasa Biar Nggak Lemas Menurut Profesor Gizi IPB

Beberapa di antaranya seperti jantung berdebar, gangguan tidur, kecemasan, hingga masalah pencernaan.

Para ahli umumnya menyarankan batas konsumsi kafein sekitar 300 hingga 400 miligram per hari, atau setara dengan sekitar tiga hingga empat cangkir kopi.

Perhatikan Cara Konsumsi Kopi

Efek kopi juga dapat dipengaruhi oleh cara seseorang mengonsumsinya. Menambahkan terlalu banyak gula, krimer, atau sirup justru dapat meningkatkan asupan kalori.

Karena itu, banyak pakar kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi kopi secara sederhana tanpa tambahan gula berlebihan.

Dengan konsumsi yang bijak, kopi dapat menjadi bagian dari gaya hidup sehat sekaligus membantu menjaga energi sepanjang hari.(tim)

Berita Terkait

Menkes Tegaskan Belum Ada Rencana Kenaikan Tarif BPJS Kesehatan Tahun Ini
Manfaat Buah Strawberry, Kandungan Gizi, dan Efek Sampingnya
6 Alternatif Minuman Pengganti Kopi di Pagi Hari yang Lebih Sehat
Resep Ati Ampela Rica-Rica, Pedas Gurih dan Bumbunya Meresap
Salah Satu Buah Paling Pahit di Dunia yang Punya Sejarah Panjang sebagai Obat Tradisional
Resep Puding Susu Roti Tawar, Dessert Lembut yang Praktis Dibuat di Rumah
BPJS Kesehatan Hapus Kelas 1, 2, dan 3, Ini Aturan Iuran KRIS Mulai Agustus 2026
5 Tanda Anak yang Bakal Sukses di Masa Depan Menurut Ahli
Berita ini 16 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 15 Agustus 2026 - 19:56 WIB

Menkes Tegaskan Belum Ada Rencana Kenaikan Tarif BPJS Kesehatan Tahun Ini

Sabtu, 15 Agustus 2026 - 19:08 WIB

6 Alternatif Minuman Pengganti Kopi di Pagi Hari yang Lebih Sehat

Jumat, 14 Agustus 2026 - 13:58 WIB

Resep Ati Ampela Rica-Rica, Pedas Gurih dan Bumbunya Meresap

Jumat, 14 Agustus 2026 - 13:20 WIB

Salah Satu Buah Paling Pahit di Dunia yang Punya Sejarah Panjang sebagai Obat Tradisional

Kamis, 13 Agustus 2026 - 14:38 WIB

Resep Puding Susu Roti Tawar, Dessert Lembut yang Praktis Dibuat di Rumah

Berita Terbaru

Internasional

Indonesia Resmi Ekspor Beras ke Malaysia, Perdana Kirim 1.000 Ton

Sabtu, 15 Agu 2026 - 20:10 WIB